Konsep Rumah Minimalis

 

Konsep minimalist home adalah salah satu tren yang memberikan pengaruh cukup besar dalam kehidupan manusia. Kebanyakan masyarakat di era modern ini memiliki ketertarikan terhadap rumah minimalis. Semakin majunya zaman menjadikan segalanya menjadi lebih cepat dan lebih mudah didapatkan. 2 hal tersebut lah yang menyebabkan manusia di era modern ini lebih memilih konsep minimalist home dibandingkan dengan rumah yang mewah. Selain karena mudah didapatkan dengan harga yang terjangkau, pembangunannya juga hanya membutuhkan waktu yang cukup singkat.  Hal lain yang menjadi alasan kuat mengapa kebanyakan orang lebih memilih konsep minimalist home adalah karena tampilan minimalist home bisa terlihat rapi dan elegan apabila di desain dengan baik. Banyaknya keunggulan yang ada, menjadikan konsep minimalist home kini lebih disukai oleh kebanyakan orang.

Konsep rumah minimalis memiliki tujuan tersendiri. Tujuan dari konsep minimalist home dijelaskan sebagai berikut.

3 Tujuan Konsep Rumah Minimalis

  1. Kesederhanaan

Rumah minimalis memang jauh dari kata mewah namun tetap nyaman ditinggali bersama orang-orang yang kita sayangi. Pada dasarnya bukan kemewahan semata yang bisa membuat rumah menjadi layak ditinggali, namun kesederhanaan yang penuh kenyamanan juga membuat sebuah rumah selalu dirindukan.

  1. Efisien

Dengan ukuran yang tidak terlalu besar, setiap detil di dalam dan di luar rumah akan lebih mudah diperhatikan dan dikontrol. Hasilnya adalah dapat dimanfaatkannya setiap jengkal area rumah dengan lebih maksimal.

  1. Praktis

Dengan komponen-komponen yang minimal di dalam rumah, maka segalanya menjadi lebih praktis. Praktis untuk dibersihkan, praktis untuk dirapikan, dan praktis perawatannya.

Ini membuktikan bahwa konsep minimalist home memiliki tujuan yang jelas. Orang-orang harusnya memahami tujuan dari konsep minimalist home, tidak asal-asalan ingin mengikuti tren saja. Percuma saja mengikuti tren, namun tidak dapat menikmatinya. Kamu tidak harus memaksakan diri untuk menyukai konsep minimalist home, karena nantinya ditakutkan kamu tidak nyaman dengan apa yang sudah kamu pilih. Padahal kebanyakan waktu yang kamu habiskan adalah di rumah bukan di tempat lainya. Sekali lagi bagi kamu yang ingin menggunakan konsep minimalist home untuk membangun tempat tinggal, setidaknya kamu memahami dengan baik konsep ini, supaya nanti apabila rumah kamu sudah selesai dibangun, kamu tidak merasa kecewa dan membongkar ulang rumah kamu yang tentu saja membuang-buang uang.

Konsep minimalist home lahir dari arsitektur modern. Arsitektur modern mulai mengedepankan kebutuhan dari orang yang akan tinggal di dalamnya tanpa mengurangi rasa nyaman dari rumah yang akan mereka tinggali. Selain itu arsitektur modern juga memprioritaskan fungsi dari setiap detil bangunan, sehingga bagian-bagian yang sekiranya kurang penting bisa dihilangkan sesuai keinginan dari klien. Inilah yang menjadi dasar lahirnya konsep minimalist home.

Ada beberapa elemen penting di dalam konsep minimalist home.

5 Elemen Penting dalam Konsep Rumah Minimalis

  1. Simpel dan Sedikit Dekorasi

minimalist home dapat dikatakan simpel dikarenakan perlengkapan rumah yang tidak terlalu banyak. Selain itu, luas dari minimalist home juga tidak terlalu berlebihan. Istilah simpel juga dapat disematkan karena desain minimalist home tidak terlalu kompleks namun tetap nampak elegan jika dipandang. Dekorasi yang digunakan di rumah minimalis hanyalah sedikit saja, namun sudah cukup untuk memperindah setiap sudut rumah. Inilah salah satu elemen penting yang menjadi ciri khas dari konsep minimalist home.

  1. Struktur Bangunan Sederhana

Dengan bantuan ilmu arsitek modern, minimalist home bisa dibangun di tanah yang tidak terlalu luas. Hal ini dikarenakan arsitek modern mampu mempriotitas fungsi dari setiap detil bangunan, sehingga menghasilkan rumah yang tidak terlalu luas namun tetap memiliki fungsi rumah sebagaimana mestinya.

  1. Pencahayaan Maksimal dan Hangat

Ruangan-ruangan utama di dalam minimalist home seperti, ruang tamu dan ruang keluarga mendapatkan ventilasi udara dan cahaya matahari yang cukup banyak. Hal ini menjadikan rumah nampak lebih indah, karena warna dinding akan lebih terlihat jelas dan bagian dalam rumah nampak lebih bersih akibat cahaya matahari.

  1. Visual Elegan

minimalist home memiliki dengan desain yang tepat akan nampak lebih elegan. Perpaduan warna yang tepat dan pemilihan sedikit aksesoris yang serasi akan memberikan kesan elegan terhadap minimalist home.

  1. Tata Letak Efisien

Rumah minimalis memiliki tata letak yang efisien untuk setiap sudut ruangan. Efisien disini maksudnya adalah bahwa penempatan barang dan aksesoris rumah pada tempat yang tepat dan tidak memakan space yang berlebihan.

Itulah 5 elemen penting dalam konsep minimalist home. Dimana ada rumah minimalis, maka tentu tidak akan lepas dari 5 elemen penting tersebut. Untuk kamu yang benar-benar ingin membangun rumah dengan konsep minimalist home, sekali lagi kamu harus mempertimbangkannya lagi. Karena hal paling penting untuk rumah yang akan kamu bangun adalah rasa nyaman.

Share Button